Monday, October 20, 2014

Tips Agar Mobil Berumur Panjang

Jika Anda memiliki budget terbatas, atau bahkan budget yang tidak terbatas sekalipun, tentunya Anda tahu betapa pentingnya memaksimalkan apa yang Anda miliki. Kendaraan adalah hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa kendaraan kita tidak akan mampu menjalankan berbagai  kegiatan di  luar rumah dengan maksimal. Kendaraan yang terawat, selain tidak menyusahkan, juga berharga tinggi jika Anda menjualnya kembali, oleh karena itu kami berikan beberapa tips perawatan kendaraan agar kendaraan Anda dapat berumur lebih panjang.

Pertama-tama Anda hars mengetahui apakah kendaraan Anda dapat dipakai bepergian jauh tanpa harus dilakukan perbaikan yang memakan biaya besar? Jika kendaraan Anda memiliki sejarah perbaikan yang buruk, tampaknya Anda harus mempertimbangkan untuk menggantinya dengan kendaraan yang memiliki rating lebih baik, dan efisien pada bahan bakarnya.





Jika Anda ingin memperpanjang usia kendaraan, pada awal bulan, periksalah ketinggian oli Anda, untuk memastikan bahwa ketinggiannya tidak di bawah level yang dibolehkan. Selalu simpan oli cadangan di bagasi Anda, hal ini dapat membuat Anda terhindar dari resiko membayar berkali lipat dari harga oli tersebut. Pastikan hanya memakai oli dan pelumas yang sesuai dan dianjurkan di buku manual pemilik


Tekanan Ban dan minyak-minyak lainnya:
Setiap tiga bulan sekali (bahkan bisa lebih, jika buku manual menganjurkannya) atau sebelum, dan setelah bepergian, lakukan pengecekan (dapat Anda lakukan di bengkel kepercayaan Anda) terhadap tekanan ban, dan pelumas lainnya, termasuk di dalamnya:
Pelumas transmisi
Pelumas rem
Pelumas power steering
Pendingin radiator (cek botol plastik bening)
Cairan pembersih kaca dan wiper
Kenapa cairan atau pelumas-pelumas tersebut tidak boleh sampai habis? Pelumas, melumasi bagian-bagian yang bergerak, sehingga mampu mengurangi gesekan, panas, dan aus. Oleh sebab itu benda-benda tersebut adalah bagian yang sangat penting untuk memperpanjang usia kendaraan Anda.


Oli Mesin dan Penyaring Oli:
Jika Anda mengendarai mobil hingga 12.000 km atau kurang per-tahunnya, Anda harus mengganti oli mesin dan saringannya minimal 9 bulan sekali. Jika Anda berkendara 20.000 km atau lebih setiap tahunnya, gantilah oli dan saringannya setiap 6000 sampai 7000 km, atau empat bulan sekali. Cara termudah untuk mengingatkan Anda tentang hal ini adalah membuat tanda di kalender, kapan Anda harus melakukan penggantian oli tersebut.
Pastikan bahwa bengkel yang Anda serahi tanggung jawab penggantian oli tersebut memiliki reputasi bagus. Beberapa bengkel “nakal” sering tidak melakukan tugas mereka dengan tuntas. Banyak dari mereka yang mengganti oli, namun tidak mengganti saringannya. Untuk memastikan bahwa saringan oli tersebut benar-benar telah diganti, buatah tanda X dengan marker hitam  di penyaring oli baru setelah penggantian oli. Pada penggantian oli berikutnya, pastikan saringan oli baru Anda tidak terdapat tanda X seperti yang lama.

Penyaring Udara:
Jika Anda memakai kendaraan Anda hingga 12.000 km atau kurang per tahunnya, gantilah penyaring udara mesin Anda setiap dua tahun sekali. Jika Anda memakai mobil Anda hingga 20.000 km setiap tahunnya,gantilah saringan udara mesin Anda setahun sekali.

Perawatan Kendaraan:
Perawatan kendaraan adalah proses yang berkesinambungan. Setiap minggu sepanjang tahun (sebagai tambahan bagi perawatan yang dianjurkan di atas)sediakan waktu 10-15 menit untuk fokus pada aspek kecil dari mobil (cuci jendela-minggu pertama, sedot debu dari karpet-minggu kedua, beri lapisan pelindung dashboard-minggu ketiga, dan seterusnya.) Setelah tiga bulan, ulangi lagi ritual tersebut terhadap mobil Anda. Melakukan pekerjaan yang “kecil tapi menyeluruh” pada salah satu aspek yang spesifik pada mobil Anda tiap minggu, hanya membutuhkan waktu, dan energi yang sedikit, tetapi hasilnya akan membuat Anda bangga memiliki mobil tersebut.

Berbagai tips di atas adalah perawatan paling mendasar yang dibutuhkan oleh mobil Anda agar dapat berumur lebih panjang. Perawatan dasar tersebut hanya membutuhkan investasi waktu dan uang yang kecil, tetapi akan berdampak besar bagi performa, dan meminimalkan ongkos reparasi kendaraan Anda. Sebagai tambahan, kendaraan Anda akan selalu berada dalam kondisi terbaik ketika Anda berniat menjualnya.

No comments:

Post a Comment