Saturday, October 18, 2014

C Evolution Electric Scooter,Skuter Elektrik Pertama Buatan BMW

Kalo soal kendaraan konsep dengan teknologi terkini, BMW emang pantas dikasih dua jempol, bradsis. Baru-baru ini, produsen asal Jerman ini lagi ngembangin motor listrik C Evolution Electric Scooter. Gak tanggung-tanggung, konsep dan proses developmentnya udah berjalan sejak 3,5  tahun lalu, dari mulai dirakit untuk versi produksinya di pabrik BMW, Berlin, Jerman.



Perlu Area Perakitan Luas

C Evolution Electric Scooter merupakan skuter elektrik pertama buatan BMW bradsis, Skuter elektrik ini juga menggunakan modul baterai lithium - ion yang sama dengan mobil listrik BMW i3. Nantinya C Evolution menggunakan tiga modul, masing-masing berisi 12 sel baterai. Modul ini disimpan di dalam aluminium die -cast yang juga berfungsi sebagai komponen utama pada sasis.

Manajer pabrik Marc Spielemann bilang,  butuh beberapa bulan bagi BMW untuk mengatur proses produksi skuter elektrik ini bradsis,  lantaran peralatan komponen yang unik, alias beda dari komponen produksi sepeda motor BMW lainnya. Di markasnya, BMW menyisihkan sekitar 8.600 meter persegi area pabrik untuk jalur perakitan khusus untuk C Evolution. Sebagian besar luas pabrik dipakai untuk proses produksi modular atau rangka, sehingga mudah diintegrasikan untuk meningkatkan efisiensi.Heboh amat, kan?

Untuk modul listrik dirakit di daerah produksi yang terpisah karena  juga membutuhkan area yang luas dan peralatan khusus.  Sebelumnya, kru pabrik juga  menguji setiap modul sebelum masuk ke jalur perakitan.

Di pabrik utama BMW, kru pabrik fokus produksi dudukan rangka depan dan belakang, juga  swingarm,  belt drive alias sabuk penggerak sekunder dan gigi transmisi. Wah, sepertinya BMW benar-benar menguji kualitas skuter elektrinya sebelum dilempar ke pasaran nih bradsis. Kita tunggu aja kapan motor ramah lingkungan ini bakal diluncurkan secara resmi. Juga, kira-kira harganya berapa yah?

No comments:

Post a Comment